Cara Melihat Ping Jaringan Melalui CMD (Command Prompt)

 


Pengertian CMD (Command Prompt)

Istilah ini bisa kita artikan sebagai perintah DOS atau windows dalam bentuk teks. banyak yang bisa dilakukan dengan CMD, ternyata banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan perintah CMD untuk melakukan peretasan. Jadi sebagai pengguna komputer alangkah baiknya kita tetap mengaktifkan firewall dan antivirus dan tentunya sudah up to date.

Fungsi CMD untuk mengetahui kualitas jaringan

Untuk bagian ini saya akan membahas khusus tentang cara menganalisa jaringan melalui CMD sesuai dengan judul dari tulisan ini. berikut caranya : 

Pertama yang harus dilakukan adalah klik menu windows dan ketik tulisan CMD lalu klik kanan dan run administrator


Langkah kedua yang harus dilakukan ketik ping(spasi)google.com dan tunggu beberapa saat


Dari gambar di atas yang saya kotakin warna merah itu lagi analisa ya benar sekali yang bertuliskan time=740ms dan 2 dibawahnya menyatakan bahwa internet saya lagi jelek semakin tinggi ping pada jaringan maka semakin banyak hambatan pada jaringa itu pula (internet tidak stabil). Untuk yang saya kotakin warna hijau adalah hasil analisa ping nah di bagian ini ada tulisan sent=4 , received=3 dan lost itu menandakan bahwa dari data yang kirim 4 yang kembali hanya 3 sisanya di telan bumi hehe tidak membalas bisa dikarenakan firewall menolak atau server yang dituju lagi down dan seterusnya kebawah ada max ping min ping dan rata-rata ping pada jaringan komputer yang dipergunakan.

Terakhir untuk ping sendiri sering digunakan/ditampilkan pada game-game online dikarenakan game online memerlukan koneksi internet yang stabil semakin rendah angka ping maka semakin nyaman dalam bermain. Mungkin ini saya yang bisa saya sajikan soal ping jika ada hal-hal lain akan saya update mari ketemu lagi di fungsi CMD lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Ping Jaringan Melalui CMD (Command Prompt)"